Sabtu, 25 April 2020

INPUT DATA TRANSAKSI PART-1


Tahap Penginputan Data Transaksi ( Pencatatan)

Setelah menginput Slado Awal Akun, Piutang, Utang, dan persediaan, langka selanjutnya adalah menginput transaksi yang terjadi seperti contoh transaksi diatas. Untuk menginput data transaksi dapat dilakukan sebagai berikut :

Transaksi 1 .Pembayaran Hutang Usaha dan Pembelian Kredit

Tanggal
Transaksi
02 Jan 2016
Perusahaan memesan barang berupa kursi kepada PT. Delta dengan rincian :
Jenis barang           Jumlah                              Harga beli

ERGO 726A          10 buah                             Rp. 1.200.000
ERGO 705             30 buah                             Rp.    325.000
Perusahaan menghendaki transaksi tersebut dilakukan secara tunai , tahap awal dikeluarkan cek Bank Pasifik senilai Rp. 30.000.000, untuk melunasi hutang (Rp. 24.000.000 sebelum potongan) dan sisanya dicatat sebagai uang muka (down payment)

Untuk menginput transaksi ini, terlebih dahulu kita perhatikan sifat transaksi, dalam hal ini ada tiga transaksi yang dilakukan yaitu: 1) Pembayaran Utang, 2) Pemesanan, 3) Pembayaran Uang Muka. Kita selsaikan terlebih dahulu pemesanan dengan uang muka.

Untuk menginput transaksi pemesan, terlebih dahulu kita menginput uang muka dengan cara, Klik Modul Pembelian, akan muncul seperti gambar dibawah ini:



Selanjutnya pilih Uang Muka, à Klik Baru, akan muncul seperti gambar di bawah ini:

Pada gambar di atas, isilah Akun Kas darimana kas yang akan di keluarkan, dalam hal ini adalah Bank Pasific, kemudian isi vendor dengan cara mengklik Gambar Buku untuk melihat daftar Vendor, Pilihlah PT Delta kemudian Klik OK, selanjutnya sesuaikan tanggal transaksi, isilah sebesar sejumlah uang yang di bayarkan seperti telihat pada gambar dibawah ini:



Langkah selanjutnya Klik Rekam

Langkah untuk menginput transaksi Pemesanan Barang, Klik Modul  Pembelian akan nampak seperti gambar di bawah ini :



Pilih Order Pembelian akan muncul seperti gambar di bawah ini:


Langkah selanjutnya adalah  KLIK BARU untuk menentukan nama suplier penyupali barang atau persediaan, setelah anda klik muncul gambar seperti di bawah ini:



langkah selanjutnya tentukan nama pemasuk dengan cara Klik Tanda Gambar Buku  untuk memilih perusahaan yang menjadi pemasok, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:


Pilih PT Delta --> OK, maka nama perusahaan pesok akan terinput, kemudian jangan lupa menyesuaikan tanggal transaksi, disebelah kanan ada opsi selesai, Jasa, fungsi dari masing masing adalah, selesai berfungsi untuk mengabaikan order atau bahwa order telah selesai, sedangkang jasa berfungsi untuk menginput order pembelian berupa jasa seperti order advertaising, dll, seperti teerlihat pada gambar di bawah ini:



Langkah selanjutnya adalah menginput barang barang yang akan di order dengan cara KLIK DUA KALI di bawah tulisan Nomor Barang untuk menentukan barang barang yang akan di order, klik dua kali pada barang yang di oreder untuk menanpilkan barang pada menu order barang, selanjutnya ketik sejumlah barang yang akan di order di bawah tulisan Di Order, selanjutnya sesuaikan harga barang jika ada perubahan harga, setelah selesai KLIK TAB untuk berpindah kebaris selanjutnya jika barang yg di order lebih dari satu, ulangi kembali langkah pemilihan barang selanjutnya samapi selesai, seperti gambar di bawah ini :



Selanjunya klik rekam, secara otomatis transaksi order pembelian akan tersimpan, namun belum ada pencatatan karena barang baru di order.

Transaksi selanjunya adalah pembayaran hutang kepada PT Delta, untuk menginput transaksi ini dapat dilakukan dengan cara Klik Modul Pembelian, à Pembayaran Hutang, à pilih Baru, akan muncul seperti gambar di bawah ini:


Langkah selanjutnya adalah, KLIK PADA AKUN KAS untuk menentukan darimana sumber kas keluar untuk membayar hutang, dalam hal ini adalah bank Pasific, selanjutkan klik GAMBAR BUKU pada baris Penerima untuk menentukan Vendor yang akan di bayar, pilihlah PT Delta, setelah di pilih Vendor Penerima letakkan kursor pada kolom No. Invoice, selajutnya Klik 2X akan muncul jumlah yang akan di bayar kepada PT. Delta, selanjunta lletakkan kursor pada nomor invoice yang akan di bayar, lanjutkan Klik OK, kemudian pindahkan kursor pada baris Sebesar, setelah selesai semua, akan muncul seperti gambar di bawah ini:

Kemudian Rekam, akan secara otomatis tersimpan dan Untuk melihat jurnal atas transaksi diatas dapat dilakukan dengan cara KLIK LAPORAN, pilih LAPORAN KEUANGAN kemudian pilih BUKU BESAR, akan muncul gambar berikut:

Klik 2X pada daftar semua transaksi, akan muncul seerti gambar berikut:
Tentukanlah jurnal yang akan di lihat dari tanggal berapa sampai dengan tanggal berapa, setelah anda tentukan KLIK OK akan muncul daftar jurnal transaksi seperti gambar di bawah ini:



Transaksi 2 . Pelunasan Piutang

Tanggal
Transaksi
03 Jan 2016
PT. Andromeda (pelanggan / customer) melunasi seluruh hutang kepada perusahaan melalui Bank pasifik sebesar Rp. 15.000.000 (Cek sebesar Rp. 14.550.000 dan discount Rp. 450.000)

Langkah untuk mecatat trasaksi diatas dapat di lakukan dengan cara Klik Modul Penjulan akan tampil gambar seperti di bawah ini:

Pilih Pembayaran Piutang Usaha akan muncul seperti gambar berikut ini :
Langkah selanjutnya  KLIK BARU maka muncul seperti gambar berikut:
langkah selanjutnya, tentukanlah penyetoran kas yang diterima perusahaan artinya apakah kas tersebut di setorkan pembayara ke Bank, atau melalui Perusahaan ( Kas atau Kas Kecil ) Klik Akun Kas akan muncul Opsi pilihan Bank Pasific, Kas, atau kas kecil, Karena PT. Andromeda menyetorkannya langsung ke bank Pasifik pilih Akun Bank Pasifik, langkah selanjutnya adalah menetukan darimana sumber kas tersebut, Klik Tanda Gambar Buku untuk menentukan costumer yang melakukan pelunansan piutang, dalam hal ini adalah PT. Andromeda, Pilihlah PT. Andromeda kemudian KLIK OK atau KLIK 2X maka akan muncul gambar seperti di bawah ini :
selanjutnya Klik 2x pada kolom Invoice maka akan muncul jumlah Piutang kepada PT. Andromeda, Klik OK , lankah selanjutnya ketiklah sesuai dengan transaksi yang terjadi, dalam hal ini, perusahaan memberika Diskon kepada PT. Andromeda sebesar Rp 450.000, ketiklah sejumlah diskon pada kolom diskon, setelah itu pindahkan Pointer ke menu Sebesar akan namapak seperti gambar di bawah ini :

selanjutnya Klik Rekam, secara otomatis Piutang Kepada PT. Andromeda akan berkurang, unruk melihatnya Klik Piutang Usaha pada Modul Penjulan maka akan terlihat daftar Piutang yang dimiliki perusahaan dalam hal ini akan Piutang PT Andromeda tidak muncul lagi karena sudah lunas, seperti gambar di bawah ini:
Untuk melihat jurnal atas transaksi diatas dapat dilakukan dengan cara KLIK LAPORAN, pilih LAPORAN KEUANGAN kemudian pilih BUKU BESAR, akan muncul gambar berikut:
Klik 2X pada daftar semua transaksi, akan muncul seerti gambar berikut:

Tentukanlah jurnal yang akan di lihat dari tanggal berapa sampai dengan tanggal berapa, setelah anda tentukan KLIK OK akan muncul daftar jurnal transaksi seperti gambar di bawah ini:

Transaksi 3. Penjualan Tunai

Tanggal
Transaksi
03 Jan 2016
Perusahaan menjual barang secara tunai dengan rincian :
Jenis barang           Jumlah                 Harga jual           diskon
ERGO 726A            8 buah               Rp. 1.500.000          -
ERGO 705             30 buah               Rp.    375.000          5%

Pencatatan Transaksi penjualan tunai yang dilakukan perusahaan dapat di lakukan dengan cara, Klik Modul Penjulan --> Invoice Penjulan, akan muncul seperti gambar di bawah ini :
langkah selanjutnya,  KLIK BARU untuk menentukan Constumer sepeti gambar di bawah ini:
tentukanlah kepada siapa barang tersebut dijual, dengan cara KLIK TANDA BUKU di bawah tulisan nama pelanggan, karena penjualan taunai dan tidak di ketahui nama pelanggannya maka buat nama pelangganga dengan nama TUNAI,  isilah tanggal penjualan sesuai tanggal transaksi, pada pojok kiri atas ada dua pilhan yaitu JASA dan TUNAI, karena transaksi ini penjualan tunai maka pilih TUNAI,sedangka pada pojok kiri bawah terdapat beberapa ketentuan atau kesepakantan dengan costumer seperti termin pembayaran, tanggal pembayaran, sales yang menjual, kerdit memo jika terjadi retur. Langkah selanjutnya untuk mengisi nama barang yang akan di jual KLIK 2X pada kolom nama barang, secara otomatis akan mumcul nama nama barang yang akan dijual, pilihlah barang yang sesuai dengan transaksi penjualan yang terjadi, seperti terlihat pada gambar di bawah ini :

Selanjutnya KLIK REKAM untuk meyimpan transaksi yang telah di input, transaksi ini akan berpengaruh secara otomatis terhadap pengurangan persediaan barang dagang, dan secara oto matis akan menambah kas.

Untuk memastikan transaksi pada tanggal 3 januari telah tersimpan dapat di lakukan dengan cara KLIK MODUL LAPORAN --> LAPORAN KEUANGAN --> BUKU BESAR --> DAFTAR JURNAL _ SEMUA TRANSAKSi , tentukan lah periode jurnal yang akan di lihat, kemudian Klik OK akan namapak Jurnal seperti gambar di bawah ini :

Transaksi 4. Penerimaan Barang

04  Jan 2001
Perusahaan menerima barang yang dipesan dari PT. Delta (transaksi  2/01/2001), tidak ada perubahan jumlah dan harga barang.

Transaksi Penerimaan Brang dapat di input dengan cara, Klik Modul Pembelian, Pilih Penerimaan, Klik Baru, akan muncul seperti gambar di bawah ini:

Dari gambar diatas, isilah nama Vendor sesui dengan Pesanan tanggal 02 Januari, dalam hal ini PT. Delta, langkah selanjutnya adalah klik Gambar Buku pada Tulisa Nomor PO, yang betujuan untuk memilih pesanan yang mana yg di terima maka secara otomatis pesanan pada tanggal 02 Januari akan muncul, dan pada saat pemesanan sudah di lakukan pembayaran UANG MUKA, maka untuk menginput uang muka tersebut dapat dilakukan dengan cara mengklik tanda panah pada di bayar / uang muka, seperti terlihat seperti gambar di bawah ini:

Langkah selanjutnya klik rekam, maka secara otomatis akan tersimpan, untuk melihat jurnalnya dapat dilakukan dengan mengikuti langkah di atas.

Transaksi 5.  Pembayaran Gaji

Tanggal
Transaksi
05 Jan 2016
Perusahaan membayar gaji karyawan untuk bulan Januari sebesar Rp. 4.500.000

Pembayaran gaji merupakan rutinitas yang dilakukan perusahaan setiap bulan, langkah untuk menginput  gaji karyawan dapat dilakukan dengan cara Klik Modul Kas dan Bank --> Kas Keluar  akan muncul gambar seperti di bawah ini :

Langkah selanjutnya adalah plih kas keluar, akan muncul seperti gambar di bawah ini:
Langkah berikutnya  KLIK BARU akan muncul seperti gambar di bawah ini:

Tentukanlah kas yang di keluarkan apakah melalui bank atau kas besar dengan cara MENGKLIK AKUN KAS, selanjunya tentukan siapa yang akan menerimanya, dalam hal ini adalah Kasir perusahaan yang akan memebayarnya kepada karyawan, KLIK TANDA GAMBAR BUKU untuk menentukan penerima, karena belum di input   KLIK BARU untuk menginput Data – data si Penerima, lakukan seperti langkah langkah menginput nama Vendor atau Costumer seperti yang tealah di jelaskan pada halaman   29  diatas. Langkah selanjunya menentukan jenis biaya yang akan di bayar, dalam hal ini adalah biaya gaji, untuk menginput biaya gaji dapat di lakuan dengan cara KLIK 2X di bbawah tulisan kode, akan muncul nama nama akun, pilihlah biaya gaji kemudia OK,   tulislah sejumlah yang di bayarkan di bawah tulisan NILAI (Dr), kemudian letakkan kursor pada tulisan SEBESAR secara otomati jumlahnya akan terisi seperti gambar dibawah ini :

Kemudian Klik Rekam untuk menyimpan Transaksi yang telah di input dan secara otomatis akan terekam pada jurnal umum , untuk melihat jurnalnya lakukan seperti langkah lang melihat jurnal seperti pada transaksi 2 diatas.

Transaksi 6.  Transfer Antar Rekening

Tanggal
Transaksi
07 Jan 2016
Perusahaan menstransfer uang dari Bank Atlantik ke Bank Pasifik sebesar Rp. 30.000.00
Transaksi diatas dapat di inpunt dengan cara Klik Kas dan Bank --> Transfer akan muncul gambar seperti di bawah ini :

tentukanlah darimana sumber yang akan ditransfer dan siapa yang menerima, dalam hal ini Uang di transfer dari Rekening Bank Atlantik ke Rekening Bank Pasifik, hal ini dapat di lakukan dengan cara KLIK TANDA GAMBAR BUKU akan muncul nama akun yang berhubungan dengan transaksi tersebut, ketiklah besarnya uang yang akan di transfer  seperti gambar di bawah ini :

kemudian Klik Rekam untuk menyimpan data yang telah di input dan secara oto matis Zahir Accounting akan membuat jurnalnya, untuk melihat jurnalnya lakukan seperti langkah lang melihat jurnal seperti pada transaksi 2 diatas.:

Untuk lebih jelasnya tonton video berikut, dan jangan lupa Like dan Subcribe





Tidak ada komentar:

Posting Komentar