Kamis, 16 April 2020

TAHAP PENGINPUTAN DATA PERUSAHAAN DAN SETING AKUN

TAHAP PENGINPUTAN DATA PERUSAHAAN DAN SALDO AWAL AKUN

1.2. Tahap Penginputan Data Perusahaan Dan Saldo Awal Akun

untuk menyelesaikan permaslahan diatas dapat dilakukan dengan langkah langlah berikut ini :

1.       Membuat  Data Perusahaan ( Information Company )

Untuk menjalankan ZHIR ACCOUNTING, langka pertama Klik Start – Program -  Zahir  seperti gambar di bawah ini :

setelah dipilih zahir akan mumcul  seperti gambar berikut :

MENU UTAMA

Langkah selanjutnya  pilih  Create New Data (Buat Data Baru) akan muncul seperti gambar di bawah ini

isilah data data perusahaan pada Compeny Information/ Informasi perusahaan seperti gambar diatas, kemudian klik Next / lanjutkan akan muncul seperti di bawah ini :


Hilangkan Tanda Ceklis pada tulisan Buat Account Standar

isilah periode Akuntansi perusahaan, seperti Periode Januari sampai dengan Desember, seperti gambar diatas, selanjutnya hilangkan tanda contreng pada Buat Chart Of Account Standar, karena dalam praktek ini kita akan membuat nama accoun sendiri, setelah selesai klik Next / lanjutkan akan muncul seperti di bawah ini :

yaitu tentang informasi perusahaan, apabila masih ada kesalahan Klik Back/Kembali akan kembali pada mmenu pengisisan informasi perusahaan, editlah kembali, setelah selesai lanjutkan seperti langkan diatas, kemudian klik Process  akan muncul seperti di bawah ini :


Selanjutnya klik OK  akan terlihat  seperti gabar di bawah ini :


pada menu ini pilihlah mata uang yang sesuai dengan mata uang yang dipergunakan, langkah untuk memili mata uang klik List of Currency/ Matau Uang yang sesuai seperti berikut ini :

setelah dipilih mata uang yang sesuai, klik OK , langkah selanjutnya klik Next / lanjutkan akan muncul seperti gambar berukt ini :


kliklah selesai, akan muncul seperti gambar berukt ini :

Peringatan ini muncul di sebabkan oleh mata uang yang di pilih di atas belum di tentukan penggunaan, langkah selanjutnya KLIK OK akan muncul kembali peringatan tentang account penting, namun hal ini bisa di atasi setelah kita mengimpor nomor dan nama account dengan bantuan Microsoft Exel selanjutnya KLIK OK, seperti gambar di bawah ini:

Selanjutnya, klik selesai karena belum bisa melakukan seting akun penting karena belum ada nomor dan nama account, pada gambar di atas klik selesai akan muncul seperti gambar di bawah ini:


langkah selanjutnya adalah, Klik Option/setting – Bahasa – pilih Bahasa Indonesia, untuk memilih bahasa yang akan digunakan, pilihlah bahasa indonesia yang sesuai dengan bahasa nasional Indonesia, secara otamatis pada menu akan memamkai bahasa Indonesia.

2.       Menyiapkan Nama dan Nomor Account
Pada langkah ini kita akan membuat nama dan nomor account sendiri sperti daftar acoount pada halaman 40, ketiklah nomor account, nama account, sub klasifikasion, cheking, dan currency pada MICROSOFT EXEL seperti terlihat pada gambar di bawah ini:


 Setelah selesai mengetik nama dan nomor account seperti gamabr di atas, simpanlah ketikan tersebut kedalam FOLDER-MU dengan COA, sebelum di simpan anda terlebih dahulu merubah exeteni file exel dengan extensi csv dengan cara mengklik pada save anf type, pilihlah extensi dengan nama CSV (Comma Delimanate)  seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
Selanjutnya klik save.

3.       Menyiapakan Data Pemasok dan Pelanggan.
Dari daftar nama Pemasok dan Pelanggan  pada halaman 43 diatas, ketiklah di Microsof Exel seperti format gambar di bawah ini:
Daftar Nama Pemasok

Daftra Nama Pelanggan

Simpan data tersebut kedalam foldermu dengan nama file Daftar Pemasok dan Daftar Pelanggan dengan extensi CSV(Comma Deliminate)

4.       Menyiapkan Data Nama Persediaan
Dari daftar nama Persediaan  pada halaman 43 diatas, ketiklah di Microsof Exel seperti format gambar di bawah ini:

Simpan data tersebut kedalam foldermu dengan nama file Daftar Persediaan dengan extensi CSV(Comma Deliminate)

5.       Mengimpor Data dari MS. Exel ke Zahir Accounting.

Untuk mengimpor data MS Exel ke Zahir Accounting,langka yang harus di lakukan klik FILE pilih IMPORT, selanjutnya Klik Impor data dari File Lainnya, seperti telihat pada gambar dibawah ini:

Stelah di klik Impor data dari file lainnya akan nampak seperti gambar di bawah ini:

Klik Lanjutkan untuk menentukan file master yang akan di impor seperti gambar i bawah ini:

Selanjutnya berilah tanda conteng untuk menetukan file yang akan di impor, misalnya Daftar Akun, Daftar Pelanggan, Daftar Pemasok, setelah di contreng file yang akan di impor, selanjutnya KLIK Lanjutkan, maka akan kelihatan seperti gambar di bawah ini:
Klik lah tanda buku untuk menentukan file yang akan di impor sepeti gambar di bawah ini:

Selanjutnya KLIK OPEN, kemudian KLIK LANJUTKAN, ulangi lagi sampai selesai file yang akan di Impor sesuai dengan yang di contreng sesuai dengan pilihan yang telah di tentukan di atas pada halaman 54 di atas, setelah selesai mengimpor langkah selanjutnya klik proses, maka data akun, pelanggan, pemasuk, dan persediaan sudah terinput.

6.       Seting Master Data
Untuk melakukan penyetingan terhadap Master Data, Langkah yang harus di lakukan setelah data akun, data pelanggan, data pemasok, dan data persediaan telah di impor ke dalam zahir adalah sebagai berikut:
a.       Seting Mata Uang
Langkah pertama untuk melakukan penyetingan terhadap mata uang yang di gunakan adalah KLIK DATA DATA, pilih atau klik DATA MATA UANG akan nampak seperti gambar di bawah ini:

Editlah data mata uang yang di gunakan dengan cara klik edit seperti gambar diatas, setealah anda edit akan kelihatan seperti gambar di bawah ini:

Langkah selanjutnya klik akun penting akan muncul seperti gambar di atas, kemudian tentukanlah akun akaun yang berhubungan langsung dengan akun kas, seperti piutang, hutang, pembayaran bank, pembayaran tunai, uang mukan penjualan, dan uang muka pembelian dengan cara mengklik tanda buku, secara otomatis akan mucul daftar nama akun, pilihlah akun yang sesuai, setelah terisi semuanya makan akan kelihatan seperti gambar di bawah ini

Setelah selesai klik rekam untuk meyimpan setingan mata uang yang di gunakan, maka mata sudah di seting dan siap di gunakan untuk transaksi.

b.       Seting Akun Penting
Untuk melakukan penyetingan terhadap akun penting, setelah di rekam penyetingan mata uang secera oto matis akan muncul penyetingan akun penting sepeti gambar berikut:

Klik Lanjutkan untuk memulai penyetingan akun penting seperti gambar berikut:

Klik Tanda buku untuk memunculkan daftar nama akun, cari akun dengan nama Ongkos Kirim Pembelian seperti gambar berikut:

Setelah terisi seperti gambar di atas, klik lanjutkan, maka akan muncul akun penting lainnya sepeti Ongkos Kirim Penjualan, Potongan Pembelian, Potongan Penjualan, Denda Keterlambatan ( Beli ), Denda Keterlambatan (Jual). Laba Tahun Berjalan, Laba di tahan, Penyeimbang Neraca, lakukanlah hal yang sama seperti langkah dalam penyetelan Onkos Kirim Pembelia, utuk semua akun penting, selanjutnya klik selesai untuk meyimpan setingan akun penting.

c.       Seting Persediaan
Setelah melakukan seting akun penting langkah selajutnya adalah seting persediaan dengan cara Klil Modul Data data, klik dua kali pada Data Produk akan muncul daftar persediaan yang tealah kita impor sebelumnya seperti gambar di bawah ini:

Untuk melakukan penyetingan persediaan klik pada salah satu persedian dalam contoh ini adalah IN-001, selanjutnya klik menu edit, setelah di klik akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

Langkah selanjutnya adalah, klik tanda buku pada baris Kelompok Barang, maka akan muncul seperti gambar berikut ini:

Kliklah pada salah satu kelompok barang, selanjutnya klik edit, maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

Dari gambar diatas, kita harus menentukan sifat persediaan apakah barang tersebut untuk di simpan, di beli, dan dijual, kemudian tentukan metode penilaian persediaan, selanjutnya klik tanda buku untuk memunculkan dafat nama akun, pilih akun yang sesuai dengan nama akun yang ada di sebelah kiri tanda buku, setelah terisi keseluruhan, akan terlihat seperti gambar berikut ini:

Selanjutnya klik rekam, stelah di rekam akan muncul seperti gambar di bawah ini:

Pada tahap ini zahir akan mengkonfirmasi apakah semua kelompok barang dengan setingan yang sama, jika iya, klik YA, namun jika tidak klik Tidak, namun dalam kasus ini semua kelompok kursi memiliki setingan yang sama, KLIK  Ya, maka untuk kelompok kursi telah terseting secara keseluruhan, ulangi lagi seperti di atas untuk kelompok lemari arsip dan meja kerja, setelah selesai semua maka persediaan telah terseting semuanya.

d.       Klasifikasi Akun
Klasifikasi akun merupakan pengelompokan akun dalam laporan keuanga, akun di kelompokkan kedalam  Aset Lancar, Aset Tetap, Utang Lancar, Utang Jangka Panjang, Modal, Pendaptan, Harga Pokok Penjualan, Biaya Usaha, dan Biaya Non Usaha. Untuk mengklasifikasikan akun ini dapat di lakukan dengan cara pada halaman 22 diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar