Senin, 20 April 2020

INPUT SALDO AWAL

MENGINPUT SALDO AWAL

7.       Menginput Saldo Awal Akun.
Langkah yang kedua menginput saldo awal yang terdiri dari Saldo Awal Akun, Saldo Awal Piutang Usaha, Saldo Awal Hutang Usaha, dan Saldo Awal persediaan. Untuk menginput saldo Awal Akun, langkah selanjutnya adalah Klik Setting --> Saldo Awal --> lalu pilih saldo awal mana yang akan di input, seperti pada gambar di bawah ini :

setelah anda pilih saldo awal akun, akan namapak seperti gambar di bawah ini :

setelah muncul seperti gambar diatas, isilah salado masing masing akun yang sesuai dengan akun yang terdapat dalan neraca awal perusahaan pada saat menggunakan Zahir Accounting, apabila nama akun ada yang tidak sesuai dengan akun yang dimiliki, zahir acconting mempunyai fasilitas untuk menambah atau menghapus akun yang tidak sesuai dengan cara, luarkan menu penginputan saldo awal, lalu kelik Data – data pada menu bar, pilih  data rekening, akan muncul gambar seperti berikut ini :

editlah akun akun yang telah disediakan Zahir, sesuaikan dengan akun yang di miliki perusahaan, setelah selesai di edit, Klik  selesai, kemudian kembali ke menu input Saldo Awal Akun, setelah selesai menginput saldo Awal, periksa lah Historical Blancing, apabila bersaldo 0, berati data yang anda input sudah bener, seperti pada gambar di bawah ini :

8.       Input Saldo Awal Piutang
Langkah selanjutnya adalah menginput Saldo  Awal piuang, Klik Setting --> Saldo Awal Piutang akan muncul seperti menu di bawah ini :

Menu diatas pada bagian atas terdiri dari Nama pelanggan, Tanggal, Invoice, saldo piutang, dan bagian bawah terdiri dari Baru, Edit, Hapus, Petunjuk Tutup. Untuk menginput nama pelanggan, langkah pertama adalah  KLIK BARU akan muncul seperti gambar seperti  di bawah ini

Pada menu tersebut, belum bisa langsung menginput nama pelanggan, untuk dapat menginput data pelanggan Klik Tanda Gambar Buku akan muncul seperti gambar seperti  di bawah ini :

Pada menu tersebut  KLIK BARU untuk menginput data pelanggan yang baru, edit untuk mengedit data pelanggan, Klil Baru, akan muncul seperti gambar seperti  di bawah ini :
Inputlah data pelanggan sesuai dengan data masing masing pelanggan seperti di bawah ini :


setelah selesai menginput Data Pelanggan, kemudian Rekam, tekan Selesai akan muncul seperti gambar di bawah ini :
lanjutkan lagi membuat data pelanggan selanjutnya dengan cara Klik Baru, akan muncul seperti gambar diatas, lakukan seperti langkah diatas sampai selesai, jika sudah selesai akan muncul nama nama pelanngan pada pada menu diatas, langka selanjuntnya adlah menginput salado Awal masing masing pelanggan dengan cara Klik 2X pada nama perusahaan pelanggan, akan muncul seperti gambar di bawah ini :

Isilah No Invoice seperti INC0001, Kemudian isiskan jumlah salado piutang yang dimiliki PT. Matahari tanpa menggunkan tan titik atau koma, jika sudah selesai mengisi saldo piutang masing pelanggan, akan muncul seperti gambar di bawah ini :

setelah selesai, tutup, kemudian Clik Modul Penjualan --> daftar Piutang akan muncul gamabr seperti dibawah ini :

9.       Menginput Saldo Awal Hutang Usaha

Menginput Saldo Awal Hutang Usaha, pada perinsipnya sama seperti menginput salado Piutang, Namun yang membedakan hanyalah  sifatnya, kalau pelanggan kita Pili Costumer, dan pemasok kita pilih Vendor, langkah langka menginput Saldo Awal Hutang Usaha sebagai berikut: Langkah pertama, Klik  Setting --> Saldo Awal Hutang Usaha akan muncul seperti gambar dibawah ini :

Menu diatas pada bagian atas terdiri dari Nama pemasok, Tanggal, Invoice, saldo hutang, dan bagian bawah terdiri dari Baru, Edit, Hapus, Petunjuk Tutup. Untuk menginput nama vendor, langkah kedua  KLIK BARU akan muncul seperti gambar seperti  di bawah ini :

Pada menu diatas terdiri dari Term Pembayaran yang berfungsi untuk menentukan termin pembayaran yang di sepakati seperti (2/10;n/30), langkah ketiga untuk menginput nama pemasok klik tanda buku yang ada di samping nama pemasok, maka akan muncul gambar seperti di bawah ini:
Jika belum ada nama pendor, langka selanjutnya  KLIK BARU untuk menginput nama vendor baru seperti gambar di gambar di baawah ini:
Isilah data data vendor yang di perlukan, setelah selesai klik rekam, maka akan muncul nama nama vendor seperti gambar pada langkah ke tiga diatas, pilihlah salah satu vendor yang akan di input saldo awalnya dengan cara mengklik 2x atau letakkan kursor pada vendor yang akan di input saldo awalnya, kemudian pilih ok, maka akan muncul seperti gambar di bawah ini:

Pada gambar di atas terdiri dari nama pemasok, tanggal, no invoice, no purchase order (PO), nilai hutang, sebelum menginput saldo awal hutang terlebih dahulu mengisi No Invoice, baru menginput nilai hutang, selanjutnya klik rekam, setelah selesai secara keseluruhan menginput saldi utang kepada vendor maka akan muncul seperti gambar di bawah ini:
Ulangi lagi seperti langka diatas sampai selesai data pemsok/vendor di input, setelah selesai, Klik Tutup, lanjutntka dengan menekan Modul Pembelian --> Daftar Hutang Usaha, akan muncul seperti gamabr seperti dibawah ini :

10.   Menginput Saldo Persediaan Barang Dagang

Untuk melakukan penginputan saldo awal persediaan masing jenis barang dagangan, langkah pertama yang dilakukan adalah Klik Setting --> Saldo Awal Persediaan akan muncul gambar sebagai berikut :

langkah selanjutnya adalah  KLIK BARU  akan muncul gambar sebagai berikut :

gambar diatas  berfungsi untuk menginput Saldo Awal masing – masing persediaan. Selanjtnya  Klik Tanda Gambar Buku untuk melihat apakah ada sudah ada jenis persediaan yang telah di input seperti gambar dibawah ini :
jika persediaan susadh di input akan kelihatan pada menu diatas, untuk dapat menginput persediaan, buatlah data data persediaan dengan cara Klik Baru, mulai menginput nama nama persediaan yang di miliki seperti gambar di bawah ini :

langkah selanjutnya adalah mengisi data persediaan spereti, kode barang, nama barang, kelompok barang,  satuan barang, dan lain lain, jika semua jenis barang telah di inputseperti terlihat pada gambar berikut ini :
Langkah selanjutnya dalah adalah mengisi saldo awal persediaan dengan langkah berikut ini,  KLIK BARU pada menu mengisi saldo awal persediaan, maka akan muncul seperti gambar di bawah ini:

Kemudian klik gambar buku untuk menampilkan data persediaan, pilihlah persediaan yang akan di input saldo awalnya, kemudian klik 2x atau Ok, maka akan muncul seperti gambar di bawah ini:

Isilak stok awal persediaan dan harga pokok satua, setelah selesai KLIK REKAM, ulangi kembali sampai selesai menginput seluruh saldo awal persediaan, setealah terisi keseluruhan maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

Catatan: Jumlah saldo Persediaan pada buku pembantu harus sama dengan jumlah saldo persediaan pada neraca saldo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar