Selasa, 02 Juni 2020

INPUT TRANSAKSI PART - 2

Transaksi 7.  Pelunasan Piutang Melalui Bank

Tanggal

Transaksi

09 Jan 2016

Perusahaan menerima pelunasan dari pelanggan : PT. Batavia yang yang ditransfer melalui Bank Pasifik sebesar Rp. 14.700.000 dan dari PT Matahari yang telah ditransfer melalui Bank Atlantik sebesar Rp. 9.800.000


Utntuk melakukan penginputan transaki diatas, dapat dilakukan dengan langkah berikut, langka pertama, Klik Modul Penjulan --> Pelunasan Piutang , kemudian Klik Pada Akun Kas  untuk menetukan Penerima Kas ,Pilihlah Bank Fasifik, langkah selanjutnya Klik Tanda Gambar Buku untuk mementukan perusahaan yang membayar utangnya kepada perusahaan,  pilihlah PT. Batavia, selanjutnya Klik 2x pada No Invoice
untuk menentukan Costumer yang melakukan pembayaran, dalam hal ini ada dua costumet dan akun kas yang menerima pelunasan piutang, maka penginputannya juga di lakukan dua kali, untuk penginputan transaksi ini ikuti langkah langkah pelusan piutang pada transaksi No. 2 halaman 67, setelah semua langkah di kerjakan akan muncul menu seperti gambar di bawah ini :

kemudian Klik Rekam Untuk menyinmpan data yang telah di input. Dalanjutkan dengan prosedur yang sama seperti langkah diatas untuk pembayaran piutang PT. Matahari sampai langkah terakhir, setelah selesai periksalah jurnal untuk memastikan bahwa transaksi tersebut telah tersimpan lakukan seperti langkah pada transaksi no 2 halaman 69. 

Transaksi 8.  Pembayaran Biaya Sewa

10 Jan 2016

Perusahaan membayar sewa ruang untuk bulan Januari 2016 sebesar Rp. 2.500.000 kepada Tuan Makmur


Pencatatan terhdap Biaya sewa dapat dilakukan dengan cara, KLIK KAS DAN BANK  KAS KELUAR 
 BARU, akan nampak seperti gambar di bawah ini :

langkah selanjutnya adalah memilih sumber pembayaran dengan mengklik Akun Kas akan muncul 4 pilihan, pilihlah Kas, karena pembayaran menggunkan Kas Besar, stelah memilih Kas, langkah selanjuntnya adalah mementukan penerima, dalam hal ini penerima adalah Tuan Makmur, klik Tanda Gambar Buku pada baris penerima akan Nampak daftar Vendor, Costumer, dan Employe, carilah nama vendor Tuan makmur pada daftar tersebut, jika ada LETAKKAN KURSOR PADA NAMA TERSEBUT klik OK, jika belum ada buatlah data baru atas nama Tuan Makmur dengan cara mengklik BARU, akan muncul data data yang akan di isi, ikuti seperti langkah langkah menginput nama Vendor atau Costumer seperti yang tealah di jelaskan pada pertemuan sebelumnya, setelah selesai pilihlah nama vendor tersebut kemudian ok, maka mucul seperti gambar sebagai berikut:

Langkah selanjutnya adalah klik 2x dibawah tulisan kode akan muncul nama nama account, carilah acoount biaya sewa, letakkan kursor pada account tersebut kemudian klik OK, maka account tersebut akan muncul. Ketik jumlah yang akan dibayarkan pada kolom (Dr), kemudian arahkan kursor pada baris sebesar, secara otomatis akan muncul sebesar jumlah yang dibayarkan, seperti gambar berikut :

kemudian rekam secara otomatis akan tersimpan dan tercatat pada jurnal umum.

Transaksi 9.  Retur Penjualan

11 Jan 2016

Perusahaan menerima mengembalikan sebuah kursi ber kode ERGO 705 dari transaksi penjualan tunai pada tanggal 03/01/2016. Perusahaan setuju menerima pengembalian tersebut dan mengembalikan uang sesuai dengan harga beli kursi  yang telah dibayarkan.


Untuk mencatat transaksi diatasn dapat dilakukan dengan langkah berikut, klik modul penjualan, kemudian pilih retur penjualan akan muncul gambar seperti di bawah ini :

pilihlah nama costumer/pelanggan yang mengembalikan barang tersebut pada nama pelanggan, kemudian klik GAMBAR BUKU untuk menentukan pelanggan yang mengembalikan, pilihlah perusahaan yang melakukan retur, dalam hal ini adalah Penjualan Tunai, secara otomatis data pelanggan akan muncul, langkah selanjutnya klik dua kali pada nomor barang, kemudian pilih nama barang yang diretur klik OK, isilah sejumlah barang pada kolom di retur, kemudian klik tab untuk memindahkan kekolom discount, maka akan muncul gambar seperti berikut ini :

langkah selanjutnya klik rekam, maka secara otomatis akan tercatat dalam jurnal umum.

Transaksi 10.  Pelunasan Piutang

13 Jan 2016

Perusahaan menerima pelunasan piutang PT. Titanic sebesar Rp. 7.500.000 yang dibukukan melalui rekening Bank Atlantik.


Untuk mencatat transaksi diatas dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut : Klik Modul Penjualan  pilih Pembayaran Piutang,
  BARU maka akan muncul gambar seperti di bawah ini :

Langkah selanjutnya Klik Akun Kas untuk memilih Akun penerima kas, dalam hal ini Bank Atlantic,  langkah selanjutnya Kilik Tanda Gambar Buku untuk memilih perusahaan yang melakukan pembayaran, dalam hal ini adalah PT. Titanik, Klik 2 Kali pada perusahaan tersebut, secara otomatis memo akan terisi, langkah selanjutnya Klik 2 Kali  pada kolom Invoice untuk melihat piutang PT. Titanik KLIK OK secara otomatis data piutang perusahaan akan terisi, kemudian pindahkan kursor ke baris sebesar secara otomatis akan terisi jumlah yang akan diterima oleh perusahaan akan muncul gambar seperti berikut ini :

 

langkah selanjutnya Klik Rekam, seacara otomatis akan terpacatat pada jurnal umum.

Transaksi 11.  Penjualan Aktiva Tetap

17 jan 2016

Perusahaan menjual satu buah sepeda motor (kendaraan ) kepada Tuan Agus dengan harga jual bersih sebesar Rp. 5.500.000 . Data historis aktiva tersebut  adalah harga perolehan : Rp. 6.000.000 dan telah disusut (total akumulasi depresiasi) sebesar Rp. 1.500.000.

Untuk mencatat transaksi diatas dapat dilakukan dengan cara Klik Buku Besar ,  pilih Transaksi Jurnal Umum    KLIK BARU akan nampak seperti gambar berikut :

langkah selanjutnya adalah letakkan kursor di bawa tulisan Kode, Klik 2 x pada kursor tersebut, akan terlihat pilihan akun untuk mencatat transaksi diatas, dalam hal ini Pilihlah Kas l karena sifat penerimaannya relatif besar, ketiklah sejumlah uang yag diterima dari penjualan kenderaan tersebut, kemudian pencet tombol tab untuk memindahkan kursor ke baris selanjut, ( penjualan kenderaan ini akan terkait terhadap harga perolehan kenderaan dan akumulasi penyusutan), ulang lagi lagi langkah diatas, pilih akun akumulasi penyusutan dan seterusnya  akan nampak seperti gambar berikut:

langkah selanjutnya klik Rekam,  secara otomatis transaksi tersebut telah tersimpan.

Transaksi 12.  Pembayaran Biaya Listrik dan Telephon

18 Jan 2016

Perusahaan membayar biaya listrik sebesar Rp. 175.000 dan telepon sebesar RP. 212.500.


Untuk mencatat transaksi diatas dapat dilakukan dengan cara Klik Kas dan Bank , kemudian  Kas Keluar akan nampak seperti gambar berikut :

langkah selanjutnya adalah Klik Akun Kas untuk memilih sumber pengeluaran kas, dalam hal ini Pilihlah Kas Kecil karena sifat pembayarannya relatif kecil, kemudian Klik TANDA GAMBAR BUKU pada Penerima untuk menentukan siapa yang menerima Kas tersebut, dalam hal ini KASIR atau yang akan membayarkan kas tersebut untuk pemabayaran biaya Listrik dan Biaya Telepon, selanjutnya Klik KODE untuk mengimput account baiay listrtik dan telepon, isilah sejumlah uang yang dibayarkan pada kolom Nilai (Dr), kemudian letkkan kursor pada baris sebesar, maka akan nampak seperti gambar berikut:

langkah selanjutnya klik rekam untuk menyimpan transaksi tersebut, dan secara otomatis telah tercatat dalam jurnal umum.

Transaksi 13.  Pembelian Aktiva Tetap

21 Jan 2016

Perusahaan membeli sebuah sepeda motor (kendaraan ) kepda CV. Jaya Motor dengan harga perolehan sebesar Rp. 7.500.000 . Transaksi tersebut dibayar dengan cek Bank Pasifik.


Untuk menginput data transaksi diatas dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut : Klik menu
Pembelian Pilih Penerimaan Barang Klik Baru akan muncul seperti gambar di bawah ini

Langkah selanjutnya adalah memilih nama vendor dengan cara mengklik Gambar Buku di bawah nama pemasok, pilihlah CV Jaya Motor, jika belum ada buat baru seperti langkan membuat nama vendor. Pada pojok kanan gambar di atas terdapat dua pilihan yaitu jasa dan tunai, pilih jasa karena sifat pembelian ini bukan untuk dijual tapi di pakai sendiri, dan tunai karena pembelian tunai, selanjutnya pada kolom deskripsi Pesanan ketik Pembelian MOTOR, setelah selesai pindahkan kursor dengan menekan TAB untuk pindah ke kolom kode, Klik 2X pada kolom trsebut untuk menampilkan nama nama account, pilihlah kenderaan, kemudian OK, ketik 1 pada kolom di terima, dan sejumlah harga pada kolom harga, secara otomatis jumlah harga akan terkalkulasi, selanjunya letakkan kursor pada biaya lain lain untuk memunculkan total harga yang akan di bayar, pada baris total setealah pajak terdapat tanda panah, klik tanda panah tersebut untuk menentukan darimana kas tersebut di keluarkan, dalam hal ini adalah Bank Pasifik, setelah selesai maka akan muncul seperti gambar di bawah ini:

Langkah selanjutnya klik rekam untuk meyimpan transaksi yang telah dinput.

Transaksi 14.  Penjualan Kredit

22 jan 2016

Perusahaan menjual barang secara kredit kepada PT. Batavia dengan rincian :

Jenis barang           Jumlah                 Harga jual            diskon

Casanova 208 A     5  buah                 Rp. 1.750.000          -

Flexo Desk Fa 16   4  buah                 Rp.  3.375.000         -

Arjuna Desk 90      6  buah                 Rp.     750.000         -

Untuk transaksi penjulan kredit diatas, dapat dilakukan dengan cara Klik Modul Penjulan, kemudian pilihlah  INVOICE PENJUALAN, à KLIK BARU akan nampak seperti gambar berikut :

langkah selanjutnya pilihlah nama pelanggan sesuai dengan transaksi dengan cara Klik Nama Pelanggan yang bertanda GAMBAR BUKU, pilihlah PT. Batavia, kemudian klik Ok, kemudian Klik 2X pada kolom No. Barang untuk memunculkan daftar persediaan, pilihlah barang sesuai dengan transaksi diatas dengan cara letakkan kursor pada barang yang akan di jual, kemudian OK, lakukan sampai selesai maka akan terlihat seperti gambar seperti dibawah ini :

selanjutnya klik rekam, secara otomatis telah dicatata dijurnal umum.

Transaksi 15.  Penjualan Kredit

23 Jan 2001

Perusahaan menjual barang secara kredit kepada PT. Matahari dengan membayar sebagian nilai transaksi sebesar Rp. 10 juta dengan rincian sbb:

Jenis barang           Jumlah                 Harga jual            diskon

Credenza SS           2  buah                 Rp. 1.650.000          -

Credenza ETC 19   1  buah                 Rp. 2.100.000         -

Gakken R 205        7  buah                 Rp.  1.450.000         -


Transaksi 1
5 dapat di input seperti langkah langkah pada transaksi 14

Transaksi 16 Retur Penjualan

24 Jan 2016

PT. Batavia (pelanggan/customer) menukar 1 buah kursi Casanova 208A seharga Rp. 1.7500 (transaksi tanggal 22 Jan 2001) dengan 1 buah kursi Casanova 726A seharga Rp. 1.500.000.


Untuk menginput transaksi retur penjualan diatas dapat dilakukan dengan cara KLIL MODUL PENJULAN,
à Pilih RETUR PENJUALAN, à KLIK BARU, akan nampak seperti gambar berikut ini :

langkah selanjuntnya, pilihlah perusahaan yang melakukan retur dengan memilih nama pelanggan, dalam hal ini adalah PT. Batavia, kemudian atur tanggal transaksi dan inputlah jumlah barang diretur dengan cara mengklik dua kali pada nomor barang, secara otomatis jenis persediaan akan mumcul, input barang yang di retur/ditukarkan, kemudian inputlah jumlah barang yg di retur pada kolom di retur, secara otomatis akan muncul jumlah harga yang di retur, TEKAN TAB untuk memindah kurasor kebaris selanjutnya, karena retur ini di tukar dengan barang yanglain sudah tentu harganya juga berbeda, klik 2X pada Kolom invoice di baris kedua untuk memunculkan datar persediaan, pilihlah barang pengganti yang di retur, klik Tab untuk memindahkan kekolom selanjutnya yaitu di retur, inputlah sejumlah barang penganti dengan di beri tanda min, secara otomatis akan muncul jumlah harga pengganti, selanjutnya Klik CREDIT/DEBIT MEMO seperti telihat pada  gambar berikut :

Langkah selanjutnya KLIK REKAM, secra otomatis akan tersimpan dalam jurnal.


"Aku mampu berhujah dengan 10 orang berilmu, tapi aku akan kalah pada satu orang yang jahil (bodoh) karena ia tidak tahu akan landasan ilmu."



Tidak ada komentar:

Posting Komentar