Minggu, 14 Juni 2020

MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN

PENGERTIAN LAPORAN KEUANGAN

Laporan keuangan adalah struktur yang mewakili posisi kinerja dan keuangan perusahaan. Tujuan umum dari laporan keuangan kepentingan publik ini adalah untuk memberikan informasi tentang kinerja keuangan (financial performance) kondisi keuangan perusahaan (financial position) dan arus kas (cash flow) yang sangat bermanfaat bagi keputusan ekonomi para penggunanya (IAI).

TUJUAN LAPORAN KEUANGAN

Pembuatan financial statement oleh suatu perusahaan tentunya ada tujuan yang ingin dicapai. Adapun beberapa tujuan umum pembuatan laporan keuangan adalah sebagai berikut:

  • Untuk membantu perusahaan dalam proses pengambilan keputusan. Informasi mengenai kondisi keuangan perusahaan dapat membantu suatu perusahaan sebagai bahan evaluasi dan perbandingan dampak keuangan yang terjadi akibat dari suatu keputusan ekonomi.
  • Untuk membantu perusahaan dalam menilai dan memprediksi pertumbuhan bisnis di masa depan. Dengan adanya informasi keuangan, maka suatu perusahaan dapat menilai bagaimana kondisi perusahaan di masa sekarang dan meramalkan kondisi perusahaan di masa mendatang.
  • Untuk menilai aktivitas pendanaan dan operasi perusahaan. Informasi mengenai kondisi keuangan juga dapat membantu suatu perusahaan dalam menilai aktivitas investasi dan kemampuan operasional perusahaan tersebut pada satu periode tertentu.
FUNGSI LAPORAN KEUANGAN

Pada dasarnya financial statement berfungsi sebagai alat untuk membantu perusahaan dalam menilai kondisi keuangan perusahaan secara umum. Adapun beberapa fungsinya adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Bahan Review

Financial statement dapat memberikan data atau informasi yang komprehensif tentang posisi keuangan perusahaan. Hal ini bisa menjadi ulasan mengenai kondisi perusahaan secara menyeluruh, khususnya kondisi keuangan (aset, utang, biaya operasional, dan lain-lain).

2. Sebagai Pedoman Membuat Keputusan

Salah satu fungsi penting dibuatnya laporan mengenai kondisi keuangan perusahaan adalah sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan penting bagi perusahaan.

3. Membantu Menciptakan Strategi Baru

Selain membantu proses pengambilan keputusan penting, financial statement juga dapat dipakai untuk menciptakan strategi baru oleh perusahaan dalam upaya meningkatkan performa usahanya.

4. Meningkatan Kredibilitas Perusahaan

Perusahaan yang membuat financial statement menunjukkan bahwa perusahaan tersebut telah menerapkan suatu sistem perekapan data yang terpercaya, akurat, dan tidak sembarangan dalam mengambil keputusan. Para pemegang saham tentu lebih percaya menginvestasikan uang mereka kepada perusahaan yang dipercaya dan memiliki kredibilitas yang baik.

JENIS LAPORAN KEUANGAN

Setidaknya ada 4 macam financial statement yang sering dipakai untuk melakukan analisis terhadap kondisi keuangan perusahaan, yaitu:

1. Laporan Laba Rugi (profit and lost statement)

Laporang laba rugi adalah suatu laporan yang menjelaskan tentang kinerja keuangan suatu entitas bisnis dalam satu periode akuntansi. Di dalam laporan ini terdapat informasi mengenai unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga diketahui laba atau rugi bersih.

2. Laporan Perubahan Modal (capital statement)

Laporan perubahan modal adalah jenis laporan yang di dalamnya terdapat informasi tentang perubahan modal atau ekuitas perusahaan pada periode tertentu. Laporan ini dapat memberikan informasi seberapa besar terjadi perubahan modal dan apa saja yang menyebabkan terjadinya perubahan tersebut.

3. Laporan Neraca (balance sheet)

Laporan neraca adalah laporan yang menjelaskan informasi kondisi keuangan suatu entitas bisnis pada tanggal tertentu. Dari laporan ini kita dapat mengetahui berapa jumlah aktiva (harta, aset), kewajiban (utang), dan ekuitas perusahaan.

4. Laporan Arus Kas (cash flows)

Laporan arus kas adalah financial statement suatu entitas bisnis yang dipakai untuk menunjukkan aliran masuk dan keluar kas perusahaan pada suatu periode akuntansi. Laporan ini juga menjadi alat pertanggungjawaban cash flows selama periode pelaporan.

MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN.

Setelah selesai menginput transaksi PT. Pasific, langkah selanjutnya adalah menyajikan laporan keuangan yang di butuhkan oleh perusahaan. langkah langkah langkah menyusun laporan keuangan  PT. Pasifik sebagai berikut:

  1. Neraca (balance sheet)
untuk membuat atau menampilkan neraca pada Zahir Accounting dapat di lakukan dengan cara klik Modul Laporan, pilih laporan keuangan seperti gambar di bawah ini:

langkag selanjutnya klik 2x Neraca Standar akan mucul seperti gambar di bawah ini:
 
Pilihlah periode akuntansi laporan yang akan di cetak, misalnya januari, setelah di pilih periode akuntansi, selanjutnya klik OK, maka akan tampil Neraca Perusahaan sesuiai dengan periode yang di pilih seperti gambar di bawah ini:


jika ingin mencetak Neraca Perusahaan, klik tombol print pada pojok kiri bawah, dan jika ingin meng-export laporan tersebut kedalam bentuk PDF, JPG, CSV, XLS, dll klik tanda kertas seperti gambar di atas.
 
    2.  Laporan Laba Rugi (profit and lost statement)

untuk membuat atau menampilkan Laba Rugi pada Zahir Accounting dapat di lakukan dengan cara klik Modul Laporan, pilih laporan keuangan seperti gambar di bawah ini:
 
langkag selanjutnya klik 2x Laba Rugi Standar akan mucul seperti gambar di bawah ini:
 
 
Pilihlah periode akuntansi laporan yang akan di cetak, misalnya januari hingga Januari, makan yang akan tampil adalah Laporan Laba Rugi Bulan Januari, setelah di pilih periode akuntansi, selanjutnya klik OK, maka akan tampil Neraca Perusahaan sesuiai dengan periode yang di pilih seperti gambar di bawah ini:
 
 
Jika ingin mencetak Laba Rugi Perusahaan, klik tombol print pada pojok kiri bawah, dan jika ingin meng-export laporan tersebut kedalam bentuk PDF, JPG, CSV, XLS, dll klik tanda kertas seperti gambar di atas.
 
     3. Laporan Arus Kas (cash flows)

untuk membuat atau menampilkan Laporan Arus Kas pada Zahir Accounting dapat di lakukan dengan cara klik Modul Laporan, pilih laporan keuangan seperti gambar di bawah ini:

 
langkag selanjutnya klik 2x Arus Kas Rincian akan mucul seperti gambar di bawah ini:
 

Pilihlah periode arus kas yang ingin di tampilkan, umpanya dari tanggal 1 Januari sampai dengan 31 Januari, selanjutnya klik OK, maka akan tampil seperti gambar di bawah ini:

 
Jika ingin mencetak Laba Rugi Perusahaan, klik tombol print pada pojok kiri bawah, dan jika ingin meng-export laporan tersebut kedalam bentuk PDF, JPG, CSV, XLS, dll klik tanda kertas seperti gambar di atas.
 
    4. Lampiran Laporan Keuangan

  • Neraca Saldo
untuk membuat atau menampilkan Neraca Saldo pada Zahir Accounting dapat di lakukan dengan cara klik Modul Laporan, pilih laporan keuangan seperti gambar di bawah ini:


 
langkag selanjutnya klik 2x Neraca Saldo akan mucul seperti gambar di bawah ini:
 
 
Pilihlah periode akuntansi laporan yang akan di cetak, misalnya januari hingga Januari, makan yang akan tampil adalah Laporan Neraca Saldo Bulan Januari, setelah di pilih periode akuntansi, selanjutnya klik OK, maka akan tampil Neraca Perusahaan sesuiai dengan periode yang di pilih seperti gambar di bawah ini:

 
  • Buku Besar
untuk membuat atau menampilkan Buku Besar Akun pada Zahir Accounting dapat di lakukan dengan cara klik Modul Laporan, pilih laporan keuangan, selanjutnta pilih BUKU BESAR seperti gambar di bawah ini:
 
 
langkag selanjutnya klik 2x Buku Besar - Mutasi  akan mucul seperti gambar di bawah ini:

 
Pilihlah  periode buku besar yang akan di tampilkan atau di cetak, misalnya dari tanggal 1 Januari sampai dengan 31 Januari, selanjutnya klik OK, makan akan tampil seluruh buku besar akun yang memiliki saldo seperti gambar di bawah ini:

 
namun jika ingin mencetak buku besar akun tertentu dapat di lakukan dengan cara memilih akun akun yang akan di cetak dengan cara klilk dari dan hingga makan akan tampil nama nama akun yang akan di pilih untuk di tampilkan.
  • Jurnal Umum
untuk membuat atau menampilkan Buku Besar Akun pada Zahir Accounting dapat di lakukan dengan cara klik Modul Laporan, pilih laporan keuangan, selanjutnta pilih DAFTAR JURNAL SEMUA  TRANSAKSI seperti gambar di bawah ini:

 
  • Laporan Pembelian dan Utang
untuk membuat atau menampilkan Laporan Pembelian dan Utanga pada Zahir Accounting dapat di lakukan dengan cara:
 
Laporan Pembelian
 
untuk menampilkan laporan pebelian klik Modul Laporan, pilih laporan Pembelian dan Utang, selanjutnta pilih Laporan Pembelian seperti gambar di bawah ini:

 Pilihlah laporan yang akan di tampilkan atau dicetak , misalnya laporan pembelian rincian, klik 2X pada laporan pebelian rincian, makam akan muncul seperti gambar di bawah ini:

 dari pilihan pilihan diatas anda bisa menampilkan laporan pembelian dari semua pemasok, atau dari satu pemasok saja, tau berdasarkan klasifikasi barang, sesuai dengan kebutuhan, misalnya akan menampilkan seluruh pemasok dan seluruh klasifikasi dari tanggal 1 januari sampai dengan 31 januari seprti gambar di atas,. langkah selanjutnya klik OK, maka akan mucul laporan pembelian permasok seperti gambar di bawah ini:
 
Laporan Hutang

Untuk menampilkan laporan Hutang klik Modul Laporan, pilih laporan Pembelian dan Utang, selanjutnta pilih Utang Usaha seperti gambar di bawah ini:

 

selanjutnya pilih Mutasi Utang - Mata Uang Dasar atau boleh dikatakan ini adalah buku bantu utang,  klik 2X makan akan tampil seperti gambar di bawah ini:
 
Klik OK, maka akan tampil daftar utang per pemasok seperti gambar di bawah ini:
 
 
  • Laporan Penjualan dan Piutang
untuk menampilkan laporan Hutang klik Modul Laporan, pilih laporan Penjualan dan Piutang, selanjutnta pilih Penjualan seperti gambar di bawah ini:

 
Langkah selanjutnya untuk menampilkan laporan Penjualan dan Piutang, pada perinsipnya caranya sama seperti menampilkan laporan pembelian dan hutang
  • Laporan Persediaan

Untuk menampilkan laporan Persediaan klik Modul Laporan, pilih laporan barang seperti gambar di bawah ini:

pilihlah salah satu dari jenis laporan barang yang akan di tampilkan, misalnya kita akan menampilkan laporan mutasi barang umum, klik 2x pada laporan tersebut, maka akan muncul seperti gambar di bawah ini:

 

pilihlah peiode yang akan di laporkan, misalnya dari tanggal 1 januari sampai dengan tanggal 31 Januari, selanjutnya klik OK maka akan tampil seperti gambar di bawah ini:


demikian  materi ini di sampaikan, semoga bermanfat bagi kita semua, aamiin



 


getLinks(); ?>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar