Minggu, 07 Juni 2020

INPUT TRANSAKSI PART - 3

Lanjutan dari transaksi pada INPUT TRANSAKSI PART - 2

Transaksi 17.  Penyusutan Aktiva Tetap

25 Jan 2016

Perusahaan mencatat biaya penyusutan aktiva tetap yang dibebankan setiap bulan. Peralatan kantor sebesar Rp. 400.000 dan kendaraan sebesar Rp. 500.000 (asumsi beban penyusutan dengan adanya penjualan kendaraan lama dan pembelian kendaraan baru adalah tetap)

Untuk menginput transaksi penyusutan Aktiva Tetap diatas, dapat dilakukan dengan Cara Klik MODUL BUKU BESAR, à TRANSAKSI JURNAL UMUM, à BARU akan nampak seperti gambar berikut :

langkah selanjutnya adalah menginput data penyusutan Peralatan Kantor dan Penyusutan Kenderaan dengan cara mengisi tanggal sesuai dengan tanggal transaksi, kemudian klik Dua kali pada kolom kode akan muncul nama nama akun, pilihlah sesuai dengan jurnal yang diperlukan, dalam hal ini Penyusutan Peralatan Kantor, Penyustan Kenderaan, Akumulasi Penyusutan Peralatan Kantor, dan Akumulasi Penyusutan Kenderaan, sperti gambar di bawah ini :

langkah selanjutnya rekam, maka secara otomatis akan tercatat dalam jurnal umum.

 Transaksi 18.  Penjualan Tunai

26 jan 2016

Perusahaan menjual barang secara tunai kepada PT. Kencana dengan rincian barang sbb:

Jenis barang           Jumlah                 Harga jual            diskon

Casanova 208 A     8  buah                 Rp. 1.750.000         5%

Credenza SS           6  buah                 Rp. 1.650.000         3%

Credenza ETC 19   3  buah                 Rp. 2.100.000         -

Untuk mencatat transaksi ini, pada perinsipnya sama seperti penjualan kredit pada Transaksi No 14 yang membedakan hanyalah pada tanda Jasa dan Tunai, apabilan penjualan tunai maka contenglah Tunai, lankah selanjutnya sama seperti transaksi No 14, setelah semua dilaksanakan akan nampak seperti gambar berikut 

 

kemudian rekam, secara otomatis telah terinput dalam jurnal perusahaan.

 Transaksi 19 Retur Penjualan

27 Jan 2001

Perusahaan menyetujui PT. Kencana (transaksi 26/01/01) menukar 1 buah kursi Casanova 208A dengan 1 buah Casanova 726A seharga Rp. 1.5000 (tanpa diskon) ,selisih  transaksi (nilai kursi) dikembalikan oleh perusahaan kepada PT. Kencana.

Pencatatan transaksi ini sama dengan pencatatan Transaksi No. 15, bedanya kalau transaksi 15 Retur Penjualan Kredit, sementara transaksi ini  Retur dengan Penjulan tunai, dalam hal retur ini Contenglah pada pojok kanan atas yang bertanda Tunai, agar transaksi tersebut dapat tersimpan dalam jurnal, setelah di input secara keseluruhan akan nampak seperti gambar berikut ini :

 

Lanhkah selanjutnya rekamlah transaksi tersebut agar tercatat dalam jutnal umum.

Transaksi 20 Pengeluaran Kas

27 Jan 2001

Seorang karyawan perusahaan – M. Faris Alam Pratama meminjam uang untuk keperluan pribadi sebesar Rp. 2.500.000. Perusahaan mengeluarkan cek Bank Pasifik untuk keperluan transaksi tersebut.

Untuk mencatat transaksi diatas KLIK MODUL KAS, kemudian à KAS KELUAR à BARU, akan nampak seperi gambar di bawah ini :

 langkah berikutnya, tentukanlah darimana sumber Kas di keluarkan, dalam hal ini sumber kas yang akan di keluarkan melaluli bank Pasific, Klik pada akun Kas pilih Bank Pasific, kemudian tentukan siapa yang akan menerima kas tersebut dengan cara Klik Penerima yang bertanda GAMBAR BUKU, Pilihlah nama penerima, dalam hani adalah M. Faris Alam Pratama, apabila nama karyawan tersebut  belum ada dalam daftar, maka dapat dibuat data baru dengan cara  KLIK BARU ikuti langkah langkah dalam pembuatan nama coctumer atau vendor, bedanya adalah di type, klik pada type pilihlah employe setelah selesai klik REKAM,  letakkan kursor pada nama yang baru di buat kemudian KLIK OK, akan nampak gambar sebagai berikut :

Lankah selanjutnya tempatkan poiter pada kolom kode untuk menampilkan  nama akun, pilih piutang karyawan, input sejumlah nilai yang di bayarkan kepada karyawan tersebut pada kolo Nilai (Dr) setelah muncul seperti gambar berikut ini :

 Klik Rekam untuk menyimpan transaksi yang telah di input tadi

 Transaksi 21 Pembayaran Utang

28 Jan 2001

Perusahaan membayar sebagian hutang usaha kepada PT Atlantic dengan rincian : menggunakan cek Bank Pasifik sebesar 10.000.000 rupiah dan menggunakan cek Bank Atlantic sebesar 12.000.000 rupiah.

Pembayaran Utang timbul akaibat dari pembelian yang dilakukan secara kredit, dari transasi diatas bahwa akan dilaukan pembayaran utang kepada PT. Antlantic, untuk menginput transaksi tersebut dapat dilakukan dengan cara KLIL MODUL PEMBELIAN à  PEMBAYARAN UTANG à BARU akan muncul gambar berikut ini :

langkah berikutnya adalah memilih sumber kas untuk pembayaran utang, dalam hal ini dari Bank Pasifik dan Bank Atlantic yaitu masing masing Rp 10.000.000 dan Rp 12.000.000 Klik akun Kas pilih Bank Pasifik, kemudian tentukan penerima dengan cara klik Tanda GAMBAR BUKU pada Baris Penerima PILIHLAH PT. ATLANTIC dan sesuikankanlah tanggal transaksi, secara otomatis bari memo akan terisi, dalam hal ini karena sumber pembayara utang berasal dari dua sumber maka penginputan datanya dilakukan dua kali dengan cara yang sama, setelah semua data terisi akan muncul seperti gambar berikut :

gambar diatas menunjukkan bahwa utang perusahaan kepada PT. Atlantic sebesar Rp 35.000.000, dalam hal pembayaran utang ini sebesar Rp 10.000.000 dari Bank Fasifik, gantilah jumlah tersebut dengan jumlah pembayaran Rp 10.000.000 pada kolom jumlah yang dibayar, kemudian letakkan pointer pada baris sebesar, secara otomatis akan tercatat sebesar yang dibayarkan kemudian REKAM ,langkah selanjutnya  ulangi lagi seperti langkah diatas, bedanya adalah sumber Kas pembayaran utang yaitu dari Bank Atlantik seperti gambar di bawah ini:

kemudian REKAM

Transaksi 22 Pengeluaran Kas

29 Jan 2001

Perusahaan mengeluarkan kas untuk membayar biaya sbb:

v  Biaya Pemasaran              Rp.    750.000

v  Biaya Transportasi            Rp.    250.000

v  Biaya Perawatan Aktiva    Rp.    200.000

v  Perlengkapan kantor         Rp.      50.000

Transaksi diatas dapat di input dengan cara KLIK MODUK KAS à KAS KELUAR à BARU akan mucul gambar berikut ini :

tentukanlah sumber pembayaran kas tersebut, dalah kas ini dibayar dengan menggunakan akun Kas, dan tentukan juga siapa yang akan menerima kas tersebut, dalam hal ini kita anggap saya Kasir yang akan melakukan pembayaran tersebut, KLIK TANDA GAMBAR BUKU pada baris Penerima akan muncul menu pilihan penerima, PILIHLAH KASIR kemudian KLIK OK, berikutnya letakkan pointer pada kolom Kode Akun, Klik Dua Kali untuk memilih akun akun yang tepat untuk trasaksi diatas, pilih lah sesuai dengan nama akunnya dan jumlah pemabayaran, setelah semuanya di input, kemudian letakkan pointer pada baris sebesar, secara otomatis akan terisi sebesar yang akan kita bayarkan seperti gambar di bawah ini :

langkah selanjutnya Klik Rekam untuk penyimpan data yang telah di input.

Transaksi 23 Penjualan Tunai

29 Jan 2001

Perusahaan menjual barang secara tunai kepada Ir. Hermawan – Bogor dengan rincian :

Jenis barang           Jumlah                              Harga Jual

ERGO 726A          10 buah                             Rp. 1.400.000

ERGO 705             35 buah                             Rp.    367.000

Perusahaan menyepakati barang dikirim ke Bogor dengan tambahan biaya transportasi (ongkos angkut) yang dibayar Ir. Hermawan sebesar Rp. 200.000.

 Transaksi diatas dapat di lakukan seperti pada cara Transaksi No 14 dan 17, perbedaannya hanya terletak pada jenis Perusahaan, kalo Transaksi 17  Jenis perusahaan pada waktu menginput data Costumer kita memilih Jenis Company, namun dalam hai transaksi ini memilih jenis Personal karena yang melakukan pembelian ini adalah perseorangan, untuk menginput data Costumer yang baru dapat dilakukan dengan cara KLIK MODUL PENJUALAN, à INVOICE PENJUALAN à BARU akan muncul seperti gambar berikut :


langkah selanjutnya Klik TANDA GAMBAR BUKU pada baris pelanggan untk menampilkan daftar nama pelanggan, letakkan kursor pada nama pelanggan tersebut, kemudian KLIK OK, jika belum ada KLIK BARU untuk menginput nama pelanggan baru, inputlah seluruh data yang di perlukan, setelah selesai KLIK REKAM, Selanjutnya sesuaikan tanggal transaksi,  KLIK 2X pada kolon NO. Barang untuk menampilkan daftar persediaan, pilihlah persediaan yang akan dijual, input harganya pada kolom harga, setelah selesai menginput akan muncul gambar berikut ini :

sebelum di REKAM periksalah semua data apaka semua telah sesuai dengan transaksi, untuk dapat meyimpan dan di tercatat dalam jurnal jangan lupa menconteng Invoice dan Tunai, karena transaksi ini  penjualan tunai, kemudian REKAM.

Transaksi 26 Penerimaan Kas

31 Jan 2001

M. Faris Alam Pratama (karyawan - lihat transaksi 27/01/2001 ) mengembalikan sebagian pinjaman sebesar Rp. 500.000 dengan uang tunai.

Menginput transaksi diatas dapat dilakukan dengan cara, KLIK MODUL KAS, à KAS MASUK à BARU akan nampak seperti gambar berikut ini :

langkah berikutnya adalah menentukan darimana sumber Kas tersebut, dalam hal ini adalah pengembalian pinjaman karywan M. Faris Alam Pratama, KLIK TANDA GAMBAR BUKU pada baris dari, pilihlah nama tersebut secara otomatis akan terinput, seuiakan tanggal transaksi, kemudian letakkan pointer pada kode akun untuk menetukan nama akun yaiti piutang Karyawan, ketiklah sesuai dengan yang dibayarkan kemudian bawa pointer ke baris sebesar, secara otomatis akan terinput sejumlah yang dibayarkan seperti terlihat dalam gambar berikut ini :

kemdian Rekam.

Pada materi latihan ini secara keseluruhan Transaksi sudah di input dengan menggunakan Program Zahir Accounting, dan secara otomatis Siklus Akuntansi telah selesai dan sudah bias di sajikan dalam bentuk laporan. 


Bentuk laporan dari keseluruhan Transaksi PT Pasifik dapat anda lihat pada Zahir Accounting dengan dengan cara:

  • Jurnal Umum
  • Buku Besar
  • Neraca Saldo
  • Laporan Laba Rugi
  • Neraca
  • Arus Kas
  • Laporan Pembelian dan Utang
  • Laporan Penjualan dan Piutang
  • Laporan Persediaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar