Minggu, 28 Juni 2020

TUGAS DAN LATIHAN PART - 2

ASSALAMU ALAIKUM WAROHMATULLOHI WABAROKATUH


Kali ini kaita melanjutkan dari postingan sebelumnya yaitu persipan memulai Zahir Accounting dengan mempersiapkan data data yang di perlukan mulai dari data akun, piutang, hutang, persediaan. Setelah selesai pada Part - 1 sebelumnya, selanjutnya adalah menginput data Transaksi dengan menggunakan Zahir Accounting.

Transaksi PT. SHAKTI BANDUNG yang terjadi pada Bulan Desember 2017 sebagi berikut:

Transaksi - 1

Sabtu, 20 Juni 2020

TUGAS DAN LATIHAN-PART1

LATIHAN DAN TUGAS

 1)         INFORMASI UMUM

a)           Identitas Perusahaan Dan Usaha Pokok

Nama Perusahaan      : PT. SHAKTI BANDUNG

Alamat                       : Jl. Soekarno Hatta No.25 Bandung

No. Telepon                : (022) 290680

No. Faksimili              : (022) 200880

E-mail address            : shaktibandung@gmail.com

PT. SHAKTI BANDUNG adalah usaha perdagangan perseroan terbatas yangng bergerak dalam bidang jual beli springbed. Perusahaan tersebut membeli barang dagangan secara kredit dari beberapa distributor dan kemudian menjualnya secara kredit/tunai ke beberapa toko dan para langganan lainnya di Bandung.

Perusahaan dijalankan oleh Tn. Ridwan sebagai pemilik, dibantu oleh lima orang pegawai. para pegawai terdiri atas tiga salesman, tiga supir, tiga kurir dan satu orang tenaga akuntansi/administrasi.

Minggu, 14 Juni 2020

MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN

PENGERTIAN LAPORAN KEUANGAN

Laporan keuangan adalah struktur yang mewakili posisi kinerja dan keuangan perusahaan. Tujuan umum dari laporan keuangan kepentingan publik ini adalah untuk memberikan informasi tentang kinerja keuangan (financial performance) kondisi keuangan perusahaan (financial position) dan arus kas (cash flow) yang sangat bermanfaat bagi keputusan ekonomi para penggunanya (IAI).

TUJUAN LAPORAN KEUANGAN

Pembuatan financial statement oleh suatu perusahaan tentunya ada tujuan yang ingin dicapai. Adapun beberapa tujuan umum pembuatan laporan keuangan adalah sebagai berikut:

  • Untuk membantu perusahaan dalam proses pengambilan keputusan. Informasi mengenai kondisi keuangan perusahaan dapat membantu suatu perusahaan sebagai bahan evaluasi dan perbandingan dampak keuangan yang terjadi akibat dari suatu keputusan ekonomi.
  • Untuk membantu perusahaan dalam menilai dan memprediksi pertumbuhan bisnis di masa depan. Dengan adanya informasi keuangan, maka suatu perusahaan dapat menilai bagaimana kondisi perusahaan di masa sekarang dan meramalkan kondisi perusahaan di masa mendatang.
  • Untuk menilai aktivitas pendanaan dan operasi perusahaan. Informasi mengenai kondisi keuangan juga dapat membantu suatu perusahaan dalam menilai aktivitas investasi dan kemampuan operasional perusahaan tersebut pada satu periode tertentu.
FUNGSI LAPORAN KEUANGAN

Minggu, 07 Juni 2020

INPUT TRANSAKSI PART - 3

Lanjutan dari transaksi pada INPUT TRANSAKSI PART - 2

Transaksi 17.  Penyusutan Aktiva Tetap

25 Jan 2016

Perusahaan mencatat biaya penyusutan aktiva tetap yang dibebankan setiap bulan. Peralatan kantor sebesar Rp. 400.000 dan kendaraan sebesar Rp. 500.000 (asumsi beban penyusutan dengan adanya penjualan kendaraan lama dan pembelian kendaraan baru adalah tetap)

Untuk menginput transaksi penyusutan Aktiva Tetap diatas, dapat dilakukan dengan Cara Klik MODUL BUKU BESAR, à TRANSAKSI JURNAL UMUM, à BARU akan nampak seperti gambar berikut :

langkah selanjutnya adalah menginput data penyusutan Peralatan Kantor dan Penyusutan Kenderaan dengan cara mengisi tanggal sesuai dengan tanggal transaksi, kemudian klik Dua kali pada kolom kode akan muncul nama nama akun, pilihlah sesuai dengan jurnal yang diperlukan, dalam hal ini Penyusutan Peralatan Kantor, Penyustan Kenderaan, Akumulasi Penyusutan Peralatan Kantor, dan Akumulasi Penyusutan Kenderaan, sperti gambar di bawah ini :

langkah selanjutnya rekam, maka secara otomatis akan tercatat dalam jurnal umum.

 Transaksi 18.  Penjualan Tunai

26 jan 2016

Perusahaan menjual barang secara tunai kepada PT. Kencana dengan rincian barang sbb:

Jenis barang           Jumlah                 Harga jual            diskon

Casanova 208 A     8  buah                 Rp. 1.750.000         5%

Credenza SS           6  buah                 Rp. 1.650.000         3%

Credenza ETC 19   3  buah                 Rp. 2.100.000         -

Untuk mencatat transaksi ini, pada perinsipnya sama seperti penjualan kredit pada Transaksi No 14 yang membedakan hanyalah pada tanda Jasa dan Tunai, apabilan penjualan tunai maka contenglah Tunai, lankah selanjutnya sama seperti transaksi No 14, setelah semua dilaksanakan akan nampak seperti gambar berikut 

 

Selasa, 02 Juni 2020

INPUT TRANSAKSI PART - 2

Transaksi 7.  Pelunasan Piutang Melalui Bank

Tanggal

Transaksi

09 Jan 2016

Perusahaan menerima pelunasan dari pelanggan : PT. Batavia yang yang ditransfer melalui Bank Pasifik sebesar Rp. 14.700.000 dan dari PT Matahari yang telah ditransfer melalui Bank Atlantik sebesar Rp. 9.800.000


Utntuk melakukan penginputan transaki diatas, dapat dilakukan dengan langkah berikut, langka pertama, Klik Modul Penjulan --> Pelunasan Piutang , kemudian Klik Pada Akun Kas  untuk menetukan Penerima Kas ,Pilihlah Bank Fasifik, langkah selanjutnya Klik Tanda Gambar Buku untuk mementukan perusahaan yang membayar utangnya kepada perusahaan,  pilihlah PT. Batavia, selanjutnya Klik 2x pada No Invoice
untuk menentukan Costumer yang melakukan pembayaran, dalam hal ini ada dua costumet dan akun kas yang menerima pelunasan piutang, maka penginputannya juga di lakukan dua kali, untuk penginputan transaksi ini ikuti langkah langkah pelusan piutang pada transaksi No. 2 halaman 67, setelah semua langkah di kerjakan akan muncul menu seperti gambar di bawah ini :

kemudian Klik Rekam Untuk menyinmpan data yang telah di input. Dalanjutkan dengan prosedur yang sama seperti langkah diatas untuk pembayaran piutang PT. Matahari sampai langkah terakhir, setelah selesai periksalah jurnal untuk memastikan bahwa transaksi tersebut telah tersimpan lakukan seperti langkah pada transaksi no 2 halaman 69. 

Transaksi 8.  Pembayaran Biaya Sewa

10 Jan 2016

Perusahaan membayar sewa ruang untuk bulan Januari 2016 sebesar Rp. 2.500.000 kepada Tuan Makmur


Pencatatan terhdap Biaya sewa dapat dilakukan dengan cara, KLIK KAS DAN BANK  KAS KELUAR 
 BARU, akan nampak seperti gambar di bawah ini :

langkah selanjutnya adalah memilih sumber pembayaran dengan mengklik Akun Kas akan muncul 4 pilihan, pilihlah Kas, karena pembayaran menggunkan Kas Besar, stelah memilih Kas, langkah selanjuntnya adalah mementukan penerima, dalam hal ini penerima adalah Tuan Makmur, klik Tanda Gambar Buku pada baris penerima akan Nampak daftar Vendor, Costumer, dan Employe, carilah nama vendor Tuan makmur pada daftar tersebut, jika ada LETAKKAN KURSOR PADA NAMA TERSEBUT klik OK, jika belum ada buatlah data baru atas nama Tuan Makmur dengan cara mengklik BARU, akan muncul data data yang akan di isi, ikuti seperti langkah langkah menginput nama Vendor atau Costumer seperti yang tealah di jelaskan pada pertemuan sebelumnya, setelah selesai pilihlah nama vendor tersebut kemudian ok, maka mucul seperti gambar sebagai berikut: